MANAJEMEN KURIKULUM AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM SIDAREJA DAN MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH CIPARI CILACAP JAWA TENGAH

Mohammad Makmun, NIM. 1423402054 (2017) MANAJEMEN KURIKULUM AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM SIDAREJA DAN MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH CIPARI CILACAP JAWA TENGAH. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis Mohamad Makmun PDF bab 1 dan 5.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text
Tesis Mohamad Makmun PDF Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Manajemen kurikulum Al-Qur’an Hadits adalah usaha sistematis yang dilakukan seseorang melalui aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang dilandasi nilai-nilai Islam agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien. Selain itu, Kurikulum sebagai rancangan segala kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan tetap memiliki peran yang penting, setidaknya dalam mewarnai pembentukan kepribadian muslim yang tangguh, berkapasitas global yang mandiri, kompetitif dan bertanggung jawab yang siap sebagai pemimpin masa depan, serta kemandirian, menguasai teknologi informasi sebagai bekal hidup. Oleh karena itu kurikulum perlu di kelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kurikulum al-Qur’an Hadits di MI Darul Ulum Sidareja dan MI Salafiyah Cipari serta faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk mendalami manajemen kurikulum al-Qur’an Hadits di MI Darul Ulum Sidareja dan MI Salafiyah Cipari, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses manajemen kurikulum Al-Qur’an Hadits serta faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum Al-Qur’an Hadits di kedua madrasah tersebut. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam manajemen kurikulum Al-Qur’an Hadits di MI Darul Ulum Sidareja dan MI Salafiyah Cipari telah melaksanakan proses manajemen kurikulum Al-Qur’an Hadits dengan baik. Tahap perencanaan kurikulum, menyusun perangkat pembelajaran Al-Qur’an Hadits meliputi rencana penghitungan efektif, menyusun prota, promes, SK, KD, silabus, RPP dan KKM. Pengorganisasian kurikulum Al-Qur’an Hadits di kedua MI tersebut adalah kepala madrasah mengadakan pembagian tugas kerja, tanggung jawab dan wewenang kepada seluruh bawahannya meliputi waka kurikulum, guru kelas, peserta didik, perangkat pembelajaran, dan sarana prasarana Pelaksanaan kurikulum Al-Qur’an Hadits dilakukan melalui kegiatan tingkat madrasah dan tingkat kelas, pra instruksional, instruksional dan tindak pengevaluasian kurikulum. Pengevaluasian kurikulum dilakukan oleh kepala madrasah, waka kurikulum dan pendidik secara sistematis, berkala, serta berkelanjutan, menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai oleh para guru kelas dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management, Curriculum Al-Qur'an Hadith, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Mar 2018 10:50
Last Modified: 21 Mar 2018 10:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item