KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Nurul Hanifah, 1323301123 (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
NURUL HANIFAH_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru berperan penting dalam pembangunan pendidikan dan dalam menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Kompetensi profesional guru adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki seseorang guru akan penguasaan dan pengembangan materi yang diajarkan, penguasaan penggunaan metode pengajaran dan media pembelajaran, agar dalam melaksanakan tugasnya dapat berjalan dengan baik dan mempunyai sebuah kualitas yang memadai standar yang ditetapkan yakni melaksanakan tugas-tugas dan kewajibannya secara maksimal. Ada lima kompetensi inti dalam kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu sebagaimana tercantum di dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 pasal 16. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di MTs Negeri Model Purwokerto Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mapel bahasa arab, aqidah akhlak, fiqih, matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa jawa dan iilmu pengetahuan alam. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi profesional guru mapel bahasa indonesia dan bahasa jawa kurang kompeten dalam menguasai materi yang diampu, karena terkadang guru mapel tersebut masih melihat buku ajar. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:39
Last Modified: 15 Mar 2018 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item