PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index Tahun 2013-2016) Oleh: Herni Setiyowati NIM. 1323203001

Herni Setiyowati, 1323203001 (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index Tahun 2013-2016) Oleh: Herni Setiyowati NIM. 1323203001. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HERNI SETIYOWATI_PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan perusahaan didirikan adalah untuk memaksimumkan kemakmuran pemegang saham atau pemilik perusahaan. Tujuan normatif ini dapat diwujudkan dengan memaksimumkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan harga yang sedia dibayar seandainya perusahaan tersebut dijual. Bagi perusahaan yang menerbitkan saham di pasar modal, harga saham yang ditransaksikan di bursa merupakan indikator nilai perusahaan. Harga saham memiliki korelasi yang positif terhadap nilai perusahaan, di mana harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi. Faktor-faktor internal perusahaan yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan meliputi ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage. Teori dan beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa apabila ketiga variabel tersebut berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Tapi dari data yang disajikan selama tahun 2013-2016 menunjukkan fakta yang berbeda, sehingga hal ini perlu dikaji ulang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index selama tahun 2013-2016 sebanyak 19 perusahaan. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode purposive sampling ialah untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS sebagai pengolahan data. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa (1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) Ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah sebesar 0,734. Hal ini berarti variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 73,4% sedangkan 26,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, nilai perusahaan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Mar 2018 02:24
Last Modified: 13 Feb 2019 09:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item