PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE KETELADANAN DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

AHMAD SYAMSUL ARIFIN, 092338146 (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE KETELADANAN DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AHMAD SYAMSUL ARIFIN_PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sangat baik apabila telah di muliai sejak dini,termasuk dalam wilayah formal,informal dan non formal.Pedidikan karakter pada usia dini sangat membutuhkan contoh sebagai modeling dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari (habit).Pendidikan karakter mendorong lahirnya anak-anak yang baik. Begitu tumbuh dalam karakter yang baik,anak-anak akan timbuh dengan kapasitas dan komitmennya untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukan segalanya dengan benar,dan cenderung memiliki tujuan hidup. Keteladanan pendidik sangat penting demi efektivitas pendidikan karakter. Tanpa keteladanan, pendidikan karakter kehilangan ruhnya yang paling esensial,hanyaslogan,kamuflas,fatamorgana,dan kata-kata negatif lainnya.Keteladanan memang mudah dikatakan,tetapi sulit untuk di lakukan. Latar belakang masalah di atas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut “ Bagaimana pelaksanaan pendidikan Karakter melalui metode keteladanan yang dilaksanakan di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas pada tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode keteladanan. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan hasil penelitian bahwa pendidikan karakter yang di lakukan di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh dilaksanakan dengan melihat karakteristik kepribadian peserta didik yang di lalui dengan beberpa tahap,yaitu pendidikan karakter yang berhubungan dengan Hablumminallah,Hablumminannas, dan Hablumminal ‘alam. Faktor pendukung dalam pendidikan ini pertaa,setiap program penanaman pendidikan karakter di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh yang telah direncanakan kemudian dapat diaplikasikan dalam bentuk dokumentasi,baik tertulis maupun dalam bentuk foto kegiatan peserta didik.Kedua,tersedianya pendidikan yang berkompeten,sedangkan faktor penghambatnya,yaitu kurangnya sarana dan prasarana,letak madrasah yang berdekatan dengan jalan raya sehngga suasan bising dari jalan sering terdengar sehingga peserta didik kurang nyaman dalam belajar. Kata-kata kunci:pendidikan karakter, metode keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, metode keteladanan. pendidikan karakter, metode keteladanan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Mar 2018 07:32
Last Modified: 09 Mar 2018 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item