PEMBENTUKAN KARAKER DISIPLIN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

LAELY NUR KAHMIDAH, 132301049 (2018) PEMBENTUKAN KARAKER DISIPLIN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
LAELY NUR KHAMIDAH_PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU AQIDAH AKHLAH KEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)

Abstract

Pembentukan karakter disiplin sebagai cara atau proses membentuk watak, kepribadian luhur, akhlak mulia dengan segala pengajaran, peraturan dan tata tertib yang semestinya harus dilakukan dan ditaati. Disiplin yang dilaksanakan di sekolah adalah segala aktifitas sehari-hari, perbuatan maupun perkataan yang di dasarkan pada nilai-nilai karakter serta norma-norma yang berlaku. Tujuannya yakni agar seseorang maupun siswa mampu melaksanakan disiplin tanpa adanya paksaan melainkan dengan penuh kesadaran untuk kebaikan diri sendiri maupun orang yang ada disekitarnya. Penelitian yang dilakukan di MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara jelas dan mendalam tentang pembentukan karakter disiplin siswa melalui keteladanan guru aqidah akhlak kelas VIII MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru mata pelajaran aqidah akhlak. Obyek penelitian adalah pembentukan karakter disiplin siswa melalui keteladanan guru aqidah akhlak kelas VIII MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, verivikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah dalam membentuk karakter disiplin siswa dengan keteladanan guru aqidah akhlak kelas VIII yakni disiplin waktu, disiplin menegakkan dan menaati peraturan sekolah, disiplin bersikap, disiplin beribadah. Ke-empat kedisiplinan ini dilakukan di dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui strategi Moral Knowing, Moral Loving, Moral Doing. Kata Kunci: Pembentukan Karakter Disiplin, Keteladanan Guru Aqidah Akhlak kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter Disiplin, Keteladanan Guru Aqidah Akhlak kelas VIII.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:54
Last Modified: 06 Mar 2018 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item