KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 BABAKAN KALIMANAH PURBALINGGA

Enik Septiana, 1323305099 (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 BABAKAN KALIMANAH PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
ENIK SEPTIANA__KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 BABAKAN KALIMANAH P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru adalah orang yang dewasa yang bekerja sebagai pendidik dan pengajar bagi peserta didik di sekolah agar para peserta didik dapat menjadi sosok yang berkarakter, berilmu pengetahuan, serta terampil mengaplikasikan ilmu pengetahuannya. Ada lima indikator kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu sebagaimana yang tercantum di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 Babakan. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan dan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 Babakan dan sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan dan menambah wawasan bagi penulis dan pembaca tentang kompetensi profesional guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dan berupa penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian diMadrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 Babakan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 Babakan yang berjumlah 13 orang guru tetapi penulis hanya meneliti 6 orang guru. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis mengenai kompetensi profesional guru yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 bahwa. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada 6 guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 Babakan diketahui bahwa kompetensi profesinal guru sudah cukup baik, hampir semua indikator terpenuhi dan menunjukan bahwa guru tersebut berkompeten, hanya perlu dilakukan PTK untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru Madrasah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Feb 2018 06:48
Last Modified: 08 Feb 2018 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item View Item