PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT

Vely Septiani, . 1323302002 (2017) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
VELY SEPTIANI_PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab, karena mayoritas siswa MTs Al-hidayah Purwokerto barat lulusan dari Sekolah Dasar, sehingga belum begitu mengenal bahasa Arab. Untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami bahasa Arab maka perlu adanya sebuah metode yang digunakan dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena sukses tidaknya pembelajaran tergantung metode yang digunakan. Apalagi dalam pembelajaran bahasa Arab, yang mana pembelajaran bahasa Arab tidaklah mudah dan terkadang menjenuhkna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menggambarkan tentang penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat dimana peneliti mendapatkan data penelitian dengan cara langsung mendatangi MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat sebagai tempat penelitian.peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk menggali data dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data , serta verifikasi data. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab perlu adanya metode yang menyenangkan. Agar pembelajaran tidak membosankan, seorang guru perlu memilih metode yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran. Di MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi dimana seorang guru menyampaikan mufrodat dengan mnggunakan sebuah kagu atau nyanyian. Kata Kunci : Metode bernyanyi dan pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bernyanyi dan pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:10
Last Modified: 07 Feb 2018 03:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item