IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Anis Rahmawati, 1423402003 (2017) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
ANIS RAHMAWATI_IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Total Quality Manajemen (TQM) adalah Strategi yang dikembangkan dalam dunia pendidikan dimana institusi pendidikan memposisikan dirinya sebagai institusi jasa atau dengan kata lain menjadi industri jasa, yakni institusi yang memberikan pelayanan (service) sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan (customer). SDIT Harapan Bunda Purwokerto adalah salah satu lembaga pendidikan yang menggunakan Total Quality Manajemendalam pembelajaran Al-Qur’an dimana banyak steakholder baik internal ataupun eksternal tertarik dengan adanya pembelajaran Al-qur’an didalamnya. Oleh sebab itu mutu pembelajaran Al-Qur’an harus senantiasa dijaga kualitasnya. Dalam hal ini SDIT Harapan Bunda Purwokerto menggunakan Total Quality Manajemen (TQM) untuk mempertahankan mutu yang ada. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Kemudian menggunakan jenis penelitian studi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan pada suatu kasus yang memiliki kekhasan dan keunikan yang tinggi. Fokus penelitian ini adalah pada kasus itu sendiri, baik sebagai lokasi, program, kejadian atau kegiatan. Objek penelitian ini adalah bagaimana implementasi total quality management di SDIT Harapan Bunda Purwokerto.Sedangkan subjek penelitiannya adalahkepala SDIT Harapan Bunda Purwokerto, tim manajemen tahfidz, guru tahfidz, peserta didik dan stakeholders. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis Miles and Hubermant yaitu berupa data reduction, data display dan penarikan kesimpulan. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa implementasi total quality management dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Harapan Bunda Purwokerto dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu, persiapan, pengembangan sistem dan implementasi sistem.Evaluasi perbaikan secara terus-menerus juga dilakukan oleh SDIT Harapan Bunda Purwokerto melalui tindak assesmen diri Sementara jika dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan, maka pelanggan merasa puas dengan pembelajaran al-Qur’an di SDIT Harapan Bunda Purwokerto, hal tersebut dikuatkan dengan pernyataan-pernyataan siswa, wali murid dan stakeholder.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, SDIT Harapan Bunda Purwokerto
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:03
Last Modified: 07 Feb 2018 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item