STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL ITTIHAAD KELURAHAN PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT, KABUPATEN BANYUMAS

Undri Mursiyam, NIM. 1423402107 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL ITTIHAAD KELURAHAN PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT, KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
Abstraksi.doc

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
UNDRI MURSIYAM, STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN, MADRASAH DINIYAH AL iTTIHAAD PASIR KIDUL, PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS, ABSTRAK BAB I_ II, BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses pembentukan kebpribadian yang mandiri dalam suatu masyarakat sampai terbentuk suatu budaya yang beradab. Pendidikan diniyah yang diselengggarakan masyarakat sudah banyak berkembang di masyarakat di setiap desa dan kelurahan. Pendidikan diniyah sebagai pendidikan taffaquh fi din, non formal mempunyai produk yang berbeda dengan pendidikan dasar formal seperti Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar. Madrasah Diniyah perlu melakukan terobosan pengembangan untuk memperbaiki kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dilingkungannya. Terlebih dengan semakin banyaknya Madrasah Diniyah yang juga berkembang dengan ciri khas dan semakin eksis di masyarakat. Madrasah Diniyah nonformal harus berusaha meningkatkan kemampuan adaptasi dan mengambil tindakan yang sesuai. sehinga mempunyai kemampuan untuk mempertahankan identitas dan integritas sebagai suatu sistem yang kuat dengan menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan yang terjadi baik lingkungan internal maupaun eksternalnya. Apa bila tidak diimbangi strategi pengembangan dengan memperhatikan lingkungan eksternal dan internal maka akan kehilangan eksisensinya dalam masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini tertarik mengetahui kondisi lingkungan internal sehingga dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dan dan kondisi esternal sehingga dapat mengidentifikasi peluang dan ancaman dalam pengembangan pendidikannya. Dan strategi pengembangan pendidikan di Madrasah Diniyah Salafiyah Al Ittihaad Kelurahan Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam metode pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengusji validasi dilakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian, menunjukkan Dari kondisi intern dapat diidentifikasi potensi kekuatannya teletak ikatan erat yang diperkuat karismatik kepala Madrasah Diniyah, kepercayaan masyarakat sangat tinggi, kurikulum dengan ciri khas yang mementingkan kedalaman ilmu tafaqquh fi din, optimalisasi sarana prasarana. Sedang potensi yang perlu diberdayakan inovasi dalam pengembanga oleh pengelola, ketergantungan terhadap peran kepala Madrasah Diniyah, kondisi lingkungan eksternal. Potensi peluang antara lain Masyarakat tingkat ekonomi menengah keatas dan karakteristik desa budaya gotong royong, kebersamaan, kekerabatan dan religius masih tetap bertahan, Partisipasi masyarakat tinggi, nilai nilai aswaja bepengaruh pada pemilihan pendidikan dan kebijakan pemerintah sebagai payung hukum . Potensi ancaman pengembangan pendidikan, Pelaksanaan lima hari sekolah. PMA No. 13 tahun 2014 pasal 49 Ayat (2), madrasah diniyah mengalami dilematis. strategi dari pengembangan pendidikan Madrasah Diniyah Salafiyah Al Ittihaad terbagai dalam tiga hal yaitu pemenuhan kebutuhan pendidikan masyarakat, peningkatan proses pembelajaran dalam membentuk sumber daya manusia yang berkarakter akhlakul karimah dan peningkatan pengelolaan madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Pendidikan, Madrasah Diniyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 16 Apr 2018 08:51
Last Modified: 16 Apr 2018 08:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item