PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI DARWATA NUSAJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP

ENDAH WURI SEPTIANI, NIM. 1323305056 (2018) PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI DARWATA NUSAJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text
ENDAH WURI SEPTIANI_PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI DARWAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan metode drill pembelajaran matematika merupakan bentuk dari sebuah metode pembelajaran yang dituangkan pada mata pelajaran matematika yang di tunjukan guna mencapai tujuan pembelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan metode drill pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Darwata Nusajati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode drill pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Darwata Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode drill apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau fieldresearch untuk memperoleh data yang sebenarnya, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di MI Darwata Nusajati Kec. Sampang Kab. Cilacap. Subjek penelitian ini adalah Guru Matematika kelas IV dan siswa kelas IV MI Darwata Nusajati Kec. Sampang Kab. Cilacap. Dalam melakukan pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan yaitu melalui tiga tahap yaitu pertama adalah reduksi data penulis mengelompokkan data-data dalam penelitian dan membuang data-data yang tidak dibutuhkan. Langkah yang kedua adalah penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Setelah penelitian ini dilakukan, diperoleh kesimpulan dari penulis bahwa penerapan metode drill pada mata pelajaran matematika yang dilakukan di MI Darwata Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap berjalan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, metode drill , pelajaran matematika, kelas IV
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 12 Apr 2018 02:04
Last Modified: 12 Apr 2018 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item