EVALUASI PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJARNEGARA

UMI SALAMAH, NIM. 1522605022 (2017) EVALUASI PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJARNEGARA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ASBTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
UMI SALAMAH_EVALUASI PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya sebuah tawaran yang perlu direspon semua pihak yang terlibat dalam pendidikan adalah pengelolaan madrasah dengan sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Sistem ini menawarkan solusi dalam mempersiapkan peserta didik untuk lebih maju, karena sistem ini memberikan otonomi yang luas dan bertanggungjawab kepada madrasah, dan mendorongnya untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif untuk memenuhi kebutuhan mutu dan pencapaian tujuan madrasah. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarnegara; dan (2) untuk menganalisis evaluasi terhadap terhadap implemetasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarnegara. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarnegara dengan waktu penelitian selama 6 bulan, yaitu Bulan Februari 2017 sampai dengan Bulan Juli 2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian studi kasus. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sehingga kehadiran peneliti pada penelitian kualitatif merupakan suatu keharusan. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara mendalam (indepth interview), observasi partisipasi (participant observation) dan dokumentasi. Analisis datanya terdiri dari tiga bagian, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tahapan penelitian ini adalah tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitiannya adalah: (1) Dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MAN 1 Banjarnegara dapat disimpulkan bahwa: (a) perencanaan; (b) pengorganisasian; (c) penggerakan; (d) pengawasan; dan (2) evaluasi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MAN 1 Banjarnegara adalah: (a) Kemandirian madrasah ditunjukkan dengan kewenangan madrasah dalam mengembangkan kurikulum dan program pembelajaran menurut inisiatif warga madrasah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Pada pemenuhan sumber daya pendidik dan kependidikan, serta pemenuhan sarana dan prasarana madrasah sudah memenuhi standar minimal sesuai dengan tuntutan peraturan yang berlaku; (b) Kerjasama telah berjalan dengan baik dan memiliki kontribusi nyata terhadap kemajuan madrasah, antara lain dalam pengembangan kurikulum, pemenuhan dana, sarana prasarana, uji kompetensi, dan pemasaran lulusan; (c) partisipasi dalam penyelenggaraan program dan keuangan madrasah tergolong baik; (d) keterbukaan madrasah terkait dengan program dan dana madrasah tergolong baik; dan (e) akuntabilitas madrasah tergolong baik, yaitu madrasah telah memberikan pertanggungjawaban proses dan hasil pelaksanaan program maupun keuangan madrasah kepada warga madrasah, Komite Madrasah dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:46
Last Modified: 10 Apr 2018 06:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item View Item