PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Aftiani Nur Azizah, NIM. 1123310016 (2018) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
AFTIANI NUR AZIZAH _PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MUHAMMADIY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Materi IPS penuh dengan pesan-pesan yang bersifat abstrak. Konsep-konsep seperti waktu, perubahan, kesinambungan (continuity), arah mata angin, lingkungan, ritual, akulturasi, kekuasaan, demokrasi, nilai, peranan, permintaan, atau kelangkaan adalah konsep-konsep abstrak yang dalam program studi IPS harus dibelajarkan kepada siswa SD. Untuk itu perlu penggunaan media pembelajaran yang menggunakan media benda konkrit agar siswa mudah memahami materi yang diajarkan. Media benda konkrit merupakan objek yang sesungguhnya yang akan memberikan rangsangan yang amat penting bagi siswa dalam mempelajari berbagai hal, terutama yang menyangkut pengembangan keterampilan tertentu. Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penggunaan Media Benda Konkret dalam Pembelajaran IPS Kelas V MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MIM Karanglo. Adapun objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media konkret dalam pembelajaran IPS. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Pada pembelajaran IPS yang dilaksanakan di kelas V MI Muhammadiyah Karanglo, guru biasanya menggunakan media pembelajaran konkrit yang berasal dari lingkungan dan media pembelajaran berupa gambar dan benda-benda lain yang ada di sekitar lingkungan yang dapat digunakan sebagai media.Untuk materi tentang peninggalan sejarah kebudayan Hindu, peninggalan sejarah kebudayan Budha, dan peninggalan sejarah kebudayan Islam di Indonesia, media yang digunakan antara lain miniatur candi, miniatur masjid, gambar-gambar, wayang kulit, peta wilayah, peta tempat atau letak di mana kerajaan Hindu, kerajaan Budha, dan kerajaan Islam di Indonesia. Untuk materi tentang macam-macam usaha perekonomoan dan jenis badan usaha, maka media benda konkrit yang digunakan antara lain gambar-gambar jenis usaha perekonomian, gambar jenis-jenis badan usaha, uang mainan, alat dan perlengkapan yang biasa digunakan oleh pelaku kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Benda Konkrit, IPS, Madrasah Ibtidayyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:39
Last Modified: 10 Apr 2018 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item