ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PARA PENGUNJUNG OBJEK WISATA DREAMLAND KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Ruknal Sani Nur Wafa, NIM. 1223203034 (2017) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PARA PENGUNJUNG OBJEK WISATA DREAMLAND KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
Ruknal Sani Nur Wafa_ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PARA PENGUNJUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan konsumen adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan jasa pelayanan masyarakat bila ingin usahanya bertahan lama. Kepuasan yang dirasakan antara konsumen satu dengan lainnya pada suatu produk atau jasa adalah berbeda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada suatu produk atau jasa, seperti halnya penelitian tentang tingkat kepuasan pengunjuang setelah mengunjugi Dreamland. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pengunjung maka dapat dilakukan langkah-langkah strategis untuk keberlangsungan Dreamland di masa depan. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana tingkat kepuasan para pengunjung pada objek wisata Dreamland? Seberapa tingginya dan langkah-langkah strategis apa yang perlu dilakukan untuk keberlangsungan di masa depan menggunakan analisis SWOT? Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu tingkat kepuasan pengunjung. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuisioner kepada 96 responden. Kemudian data dianalisis dengan statistik sederhana yaitu prosentase dan uji t test satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepuasan pengunjung setelah mengunjungi dan berwisata di objek wisata Dreamland adalah tinggi. Pengunjung merasa puas pada semua aspek kepuasan pengunjung yang meliputi kenyamanan, hubungan konsumen dengan karyawan, kompetensi petugas, dan biaya. 2) Langkah-langkah dan strategi untuk meningkatkan kepuasan pengunjung Dreamland di masa mendatang dengan analisis SWOT ditemukan ada 4 strategi peningkatan kualitas layanan untuk meningkatkan kepuasan pengunjung Dreamland di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan Pengunjung, Analisis SWOT, Wisata Dreamland
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 13 Feb 2018 00:50
Last Modified: 13 Feb 2018 00:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item