PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL- HIDAYAH PURWOKERTO BARAT

Titah Ma’ruvi, 1323302063 (2017) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL- HIDAYAH PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
TITAH MARUFI_PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL- HIDAYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran mempunyai peran yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar salah satu strategi yang digunakan agar siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi active learning. Strategi active learning mempunyai peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Karena strategi active learning mengajak semua siswa untuk berfikir secara aktif menggunakan otak untuk memecahkan sebuah persoalan. tanpa adanya strategi proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik, karena penggunaan strategi yang tepat akan mempercepat siswa dalam memahami pelajaran. Dengan adanya strategi active learning proses pembelajaran akan menyenangkan dan dapat mengurangi rasa bosan siswa saat belajar. Strategi yang tepat akan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai penerapan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa arab di MTs Al-Hidayah Purwokerto Barat. Bahwa dalam proses pembelajarannya guru bahasa arab bapak Sultoni, S.Ag, M.Pd menggunakan strategi active learning berupa jigsaw, card sort,reading aloud, diskusi, dan bermain peran. Karena dengan menggunakan strategi active learning tersebut antusias siswa sangat baik dan siswa juga berfikir secara aktif tidak monoton. Tidak hanya guru saja yang berperan aktif tapi disini siswa harus ikut serta aktif agar proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan dapat mudah di pahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Learning, dan Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:23
Last Modified: 05 Feb 2018 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item