PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

AGUS PURWANTO, 1323308063 (2017) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AGUS PURWANTO_PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Penddikan Agama Islam yang dilaksanakan di sekolah masih menggunakan Pendekatan pembelajaran di kelas menggunakan pendekatan konvensional seperti ceramah dan merangkum yang tidak memberikan kebebasan kepada siswa untuk aktif di kelas sehigga siswa bosan dengan pembelajaran yang dilaksanakan secarara terus menerus tanpa metode yang baru. Sehingga perlu adanya solusi agar pembelajaran Penddikan Agama Islam menjadi lebih menarik dan membuat siswa tidak menyukai pelajaran terhadap pelajaran Penddikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam dalm pembelajaran perlu mendorong siswa agar lebih aktif di dalam kelas Pembelajaran Penddikan Agama Islam juga harus bisa mengkondisikan siswa dengan lingkungan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran Penddikan Agama Islam yang berorientasi pada pengamalan agama islam dalam kehidupan sehari-hari adalah metode Survey, Question, Read, Recit, Review ( SQ3R) Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk essay. Materi yang digunakan adalah Asmaul Husna. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Analisis data menggunakan N-gain. Berdasatkan hasil analisis data menggunakan N-gain diperoleh rata-rata G kontrol sebesar 0,3898 dan rata-rata G eksperimensebesar 0,4902 yang berarti keduanya termasuk peningkatan dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif metode Survey, Question, Read, Recit, Review ( SQ3R) terhadap hasil belajar siswa SMP N 2 Kedungbanteng materi asmaul husna. Kata kunci : metode Survey, Question, Read, Recit, Review ( SQ3R), Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Survey, Question, Read, Recit, Review ( SQ3R), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:13
Last Modified: 05 Feb 2018 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item