Efektivitas Pemanfaatan Sumber Belajar Pada Pembelajaran Matematika di Kelas 4,5,6 MI Diponegoro 03 Karanglesem Tahun Pelajaran 2016/2017

Vivie Marteza, 1323310013 (2018) Efektivitas Pemanfaatan Sumber Belajar Pada Pembelajaran Matematika di Kelas 4,5,6 MI Diponegoro 03 Karanglesem Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
VIVIE MARTEZA_EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar merupakan salah satu komponen yang terdapat baik dalam belajar, mengajar, maupun pembelajaran yang penting keberadaannya dan tidak dapat dipisahkan keberadaanya dengan komponen-komponen pembelajaran lainnya. Semakin berkembangnya teknologi pada saat era globalisasi ini maka semakin beragam pula bentuk dan jenis sumber belajar. Mengingat kebutuhan ilmu matematika yang pokok maka penting untuk membuat kebijakan yang pas dalam memilih dan menggunakan sumber belajar pada pembelajaran matematika karena sifat matematika yang abstrak.Rumusan permasalahan dalam penelitin ini adalah : Apa saja jenis sumber belajar yang dimanfaatkan pada pembelajaran matematika dan bagaimana keefektifannya pada pembelajaran matematika di kelas 4,5,6 MI Diponegoro 03 Karanglesem tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran matematika dan bagaimana keefektifannya dalam pembelajaran matematika.Data penelitian ini akan diuji dengan metode kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dalam rangka untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran matematika dan keefektifannya dalam pembelajaran matematika di kelas 4,5,6 MI Diponegoro 03 Karanglesem. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosentase pemanfaatan sumber belajar matematika berupa pesan sebesar 19%, pemanfaatan sumber belajar manusia sebesar 10%, pemanfaatan sumber belajar bahan sebesar 20%, pemanfaatan sumber belajar alat sebesar 15%, pemanfaatan sumber belajar metode sebesar 20%, dan pemanfaatan sumber belajar lingkungan sebesar 16%. Dengan keefektifan pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran matematika di MI Diponegoro 03 Karanglesem prosentasenya sebesar 73,21% dengan kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pemanfaatan, Sumber Belajar, Pembelajaran Matematika, MI Diponegoro 03 Karanglesem.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 08 Feb 2018 23:48
Last Modified: 08 Feb 2018 23:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3402

Actions (login required)

View Item View Item