PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nunuk Mustika Ningrum, 1123310033 (2015) PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
NUNUK MUSTIKA NINGRUM_PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media pembelajaran dapat membantu guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga pada nantinya dapat meningkatkan hasil belajar yang harus di capainya. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media pembelajaran IPA di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Purwokerto BaratTahun Pelajaran 2015/2016”? Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan jenis-jenis media pembelajaran IPA di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) yaitu peneliti langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan media pembelajaran IPA. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media dalam pembelajaran IPA di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam pemilihan media yang dipertimbangkan diantaranya materi pembelajaran, tujuan yang hendak dicapai, kondisi siswa, karakteristik media yang bersangkutan, waktu yang tersedia. 2) media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V sangat bervariasi yaitu media papan tulis, LCD Proyektor , torso, Kartu bergambar, Poster, slide power point, dan benda konkret. 3) proses penggunaan media dalam pembelajaran terdapat tiga langkah yang pertamapersiapan sebelum menggunakan media. Persiapan yang dilakukan guru yaitu menentukan materi dan tujuan mengajar dan juga memilih media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, yang kedua kegiatan pembelajaran selama menggunakan media. Guru mengkondisikan siswa untuk siap mulai pelajaran selanjutnya guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dengan menggunakan media yang telah disiapkan, yang ketiga kegiatan tindak lanjut. Yaitu guru mengevaluasi pembelajaran apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum, siswa mengerjakan soal secara kelompok ataupun individu. Kata kunci: Media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:37
Last Modified: 24 Jun 2016 02:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item