Peran Orangtua Terhadap Anak dalam Pembentukan Ketekunan Membaca Al-Qur’an di Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas.

Abimanyu Priatama Linuwih, 1323301025 (2017) Peran Orangtua Terhadap Anak dalam Pembentukan Ketekunan Membaca Al-Qur’an di Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABIMANYU RPIATAMA L _ PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PEMBENTUKAN KETEKUNAN MEMBACA AL-QUR'AN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER-BAB1_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman kehidupan bagi seluruh umat muslim. dan umat muslim pula diwajibkan untuk bisa membaca Al-Qur’an, oleh sebab itu agar bisa membaca Al-Qur’an harus dibiasakan sejak dini. Selain itu pula perlunya keteladanan bagi orangtua yang selalu membimbing dalam menekuni anak-anaknya membaca Al-Qur’an. Karena menjadi anak yang sholeh atau sholehah adalah dambaan bagi semua orangtua. Oleh karena itu, orangtua sebagai pendidik utama dalam keluarga harus menerapkan pendidikan agama sejak dini agar anak-anaknya terbiasa membaca Al-Qur’an sejak kecil. Sehingga nanti ketika beranjak dewasa mereka sudah terbiasa menekuni untuk membaca Al-Qur’an. Peran orangtua dapat berwujud memberi bimbingan, motivasi, teladan yang baik, serta memberikan pengawasan tehadap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ketiga orangtua dalam pembiasaan membaca Al-Qur’an pada anak sejak dini di Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami subyek penelitian pada suatu konteks khusus. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu : reduksi data, sajian data (siplay data) dan verifikasi data (menyimpulkan data). Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orangtua terhadap anak dalam pembentukan ketekunan membaca Al-Qur’an di desa kalibagor kabupaten banyumas yang diambil hanya tiga sampel orangtua. Dalam menerapkan pendidikan anak untuk menekuni membaca Al-Qur’an diantaranya yaitu, yang pertama Membacakan ayat suci Al-Qur’an kepada anak sejak dalam kandungan (pranatal) dan sejak usia dini, yang keduaMelatih Anak Baca Tulis Al-Qur’an Sejak Balita (Usia 1-5 tahun), yang ketiga Menjadikan Suasana Rumah Sebagai Tempat Belajar Al-Qur’an, yang keempatPembiasaan Membaca Al-Qur’an Dalam Kesehariannya, yang kelimaMengenal dengan baik karakter dan kemampuan anak, yang keenamMelatih Hafalan Doa Harian dan Nadhom Shobrowi (Ilmu Alat), yang ketujuhMemberikan Hadiah Kepada Anak Jika Sudah Khatam Al-Qur’an, yang kedepalanMembentuk Program Setoran Hafalan Ayat Al-Qur’an Setiap Harinya Dalam Keluarga, yang kesembilanSelalu Mendoakan Untuk Anak. Kata kunci : Peran Orangtua terhadap Anak, Membentuk ketekunan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:31
Last Modified: 19 Jan 2018 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item View Item