PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) POKOK BAHASAN BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS III MI MA’ARIF 01 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Saptinar Mentari NP, 102335091 (2015) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) POKOK BAHASAN BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS III MI MA’ARIF 01 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
SAPTINAR MENTARI_Penerapan metode role playing.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan suatu bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Semenarik apapun suatu materi, namun dalam penyampaiannya pendidik menggunakan metode yang tidak sesuai dengan mata pelajaran, maka tidak akan terjadi proses pembelajaran yang baik, dan hasil belajarpun kurang optimal. Sedangkan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah salah satu bidang studi yang bersifat multifaset dengan konteks lintas bidang keilmuan. PKn dapat diartikan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai individu, anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam skripsi ini akan dibahas tentang metode Role Playing atau bermain peran dalam pembelajaran PKn. Metode Role Playing yaitu kegiatan memainkan peran sesuai dengan materi yang sedang dipelajari pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki/meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara lebih professional, dengan tujuan perbaikan dan peningkatan layanan professional guru dalam menangani proses pemelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Dalam menganalisis data penulis menggunakan Data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing atau Verivication. Kata Kunci : Metode Role Playing (bermain peran) dan Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:27
Last Modified: 24 Jun 2016 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item