Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMA Islam Teladan (IT) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

Anis Zulia A’limatun Nisa, NIM. 1622606006 (2017) Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMA Islam Teladan (IT) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
ANIS ZULIA ALIMATUN NISA_INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

SMA Islam Teladan (IT) Al Irsyad Al Islamiyyah Putwokerto menjadikan integrasi sebagai ciri khas yang harus diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran integrasi bertujuan agar peserta didik mempunyai pemahaman yang integral dan selalu melibatkan Allah Swt., pada setiap tindakan. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengkaji secara objektif, sistemis, dan mendalam terkait bagaimana pembelajaran integrasi sains dan agama pada mata pelajaran fisika, kimia, dan biologi di SMA Islam Teladan (IT) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode deskriptif serta tekhnik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Jenis penilitian ini adalah penelitian lapangan bersifat kualitatif. Dalam tekhnik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan Penarikan simpulan. Pembelajaran di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dilaksanakan dengan pola integrasi. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dilaksanakan dengan cara diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Adapun penelitian terfokus pada rumpun IPA, yakni fisika, kimia, dan biologi. Adapun hasil penelitannya adalah sebagai berikut: (1) Fisika, tujuan: meningkatkan keimanan peserta didik. Materi: materi fisika pada kurikulum nasional yang direlevansikan dengan kebesaran dan kekuasaan Allah Swt. Metode: ceramah, diskusi, tanya jawab, eksperimen. Media: laboratorium, alam semesta. Evaluasi: formal, review, sikap atau tingkah laku. (2) Kimia: tujuan: meningkatkan hasil belajar, kinerja siswa, memahami konsep, serta menerima keragaman. Materi: materi kimia dalam kurikulum dipadukan dengan nilai-nilai Islam. Metode: menasihati, serba membiarkan, dan model. Media: cetak (gambar, sketsa, diagram, grafik, poster). Evaluasi: evaluasi formal, catatan peserta didik, dan evaluasi sikap. (3) Biologi: Tujuan: mencapai pengetahuan yang komprehensif, bersyukur kepada Allah Swt. Materi: materi dalam kurikulum biologi diintegrasikan dengan ayat-ayat Alquran dan kuasa yang dimiliki Allah Swt. Metode: ceramah, tanya jawab, eksperimen, dan penemuan. Media: media cetak, media elektronik visual, alam semesta dan laboratorium. Evaluasi: formal, review, dan tingkah laku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Integrasi Nilai-Nilai Islam dan IPA, dan Dampak Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 09 Jan 2018 00:18
Last Modified: 09 Jan 2018 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item