PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 12 ARENAN, KALIGONDANG, PURBALINGGA”

Nur Fauzan, NIM. 112338084 (2017) PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 12 ARENAN, KALIGONDANG, PURBALINGGA”. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BAB1,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 12 ARENAN KALIGONDANG PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pembiasaan membaca al-Qur’an adalah suatu cara yang dapat dilakukan untukmembiasakan anak berfikir, bersikap,bertindak sesuai dengan al-Qur’an.Hakikatpembiasaan sebenarnya berintikan pengalaman.Pembiasaan adalahsesuatu yang diamalkan.Oleh karena itu, uraian tentang pembiasaan.selalu menjadi satu rangkaian tentang perlunya melakukan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukandisetiap harinya. Dalam pembinaan sikap, metodepembiasaan sangat efektifdigunakan karena akan melatih kebiasaan-kebiasaan yang baik kepadaanak sejak dini. Pembiasaan merupakan penanaman kecakapan-kecakapanberbuat dan mengucapkansesuatu, agar cara-cara yang tepat dapat disukaioleh anak. Prestasi belajar adalah tingkat kemampuan intelektual yang dapat diukur, berupa penugasan, pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai hasil belajar. Pembelajaran al-Qur’an Hadits adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun PAI yang khusus mempelajari tentang al-Qur’an dan Hadits baik tajwid dalam al-Qur’an,ayat-ayat yang terkandung dalam al-Qur’an maupun pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat tersebut begitu juga dengan hadits dari mulai jenis sampai dengan isi kandungan dalam Hadits tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kuantitatif.Dalam kegiatan penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 12 Arenan.Adapun yang menjadi objek penelitian adalah Pengaruh Pembiasaan Membaca al-Qur’an dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 12 Arenan. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain metode angket, observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistic deskriptif yaitu statistic yang digunakan untuk menganalisi data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagai mana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiasaan membaca al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 12 Arenan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 09 Jan 2018 00:12
Last Modified: 09 Jan 2018 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item