SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS Eka Desi Rahmawati NIM: 1323303053

Eka Desi Rahmawati, 1323303053 (2017) SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS Eka Desi Rahmawati NIM: 1323303053. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK-DAFTAR ISI-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
EKA DESI RAHMAWATI-SUPERVISI MANAJERIAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengawas madrasah merupakan salah satu elemen yang memiliki peranan penting dalam meningkatan kemampuan kerja personil madrasah terutama dalam hal pengelolaan suatu madrasah melalui pelaksanaan supervisi manajerial.Tujuan dari penelitian ini, untuk mendapat gambaran tentang pelaksanaan supervisi manajerial yang dilaksanakan oleh Pengawas Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan data di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah pengawas madrasah, kepala madrasah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwadalam melaksanaan kegiatan supervisi manajerial, terdapat langkah-langkah yang digunakan oleh Pengawas Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, yaitu: Pertama, menyusun program kerja yangberpedoman dan berorientasi pada hasil supervisi manajerial di tahun sebelumnya. Kedua,melaksanakan kegiatan inti kepengawasan, yakni kegiatan pemantauan pada pelaksanaan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian, kegiatan pembinaan kepada para guru dan kepala madrasah agar dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,dan kegiatan penilaian dengan berdasarkan kriteria yang ditetapkan terhadap proses dan hasil program pengembangan madrasah secara kolaboratif dengan stakeholder madrasah.Ketiga, menetapkan tindak lanjut untuk program pengawasan tahun berikutnya berdasarkan hasil evaluasi komprehensif terhadap seluruh kegiatan pengawasan dalam satu periode.Hal ini diharapkan semua program mampu dilaksanakan secara kolaboratif dan sistematis oleh pengawas madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Manajerial, Pengawas Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:48
Last Modified: 22 Dec 2017 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item