PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN WILAYAH PROVINSI DI INDONESIA MELALUI MEDIA JAM PROVINSI PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I MI COKROAMINOTO 01 BADAMITA KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tica Maulana Windiastuti, 1323310071 (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN WILAYAH PROVINSI DI INDONESIA MELALUI MEDIA JAM PROVINSI PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I MI COKROAMINOTO 01 BADAMITA KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
TICA MAULANA WINDIASTUTI_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN WILAYAH PROVINSI DI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai mata pelajaran IPS materi Perkembangan Wilayah Provinsi di Indonesia dikelas VI MI Cokroaminoto 01 Badamita Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara, hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 6 siswa dari 20 siswa. Dari masalah ini penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Perkembangan Wilayah Provinsi di Indonesia Melalui Media Jam Provinsi Pada Siswa Kelas VI Semester I MI Cokroaminoto 01 Badamita Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017.” Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Cokroaminoto 01 Badamita dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dirancang dengan dua siklus, tiap siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini membuktikan bahwa melalui media Jam Provinsi dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI semester I MI Cokroaminoto 01 Badamita Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus dari 20 siswa yang tuntas KKM (60) adalah 6 siswa atau 30%, dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 40 serta nilai rata-rata kelas 53,75. Pada siklus I terjadi kenaikan jumlah siswa yang tuntas KKM adalah 13 siswa atau 65%, dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 50 serta nilai rata-rata kelas 70,25. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas KKM adalah 18 siswa atau 90%, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 55, serta nilai rata-rata kelas 81,75. Berdasarkan indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini apabila nilai siswa telah mencapai KKM yaitu sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai lebih dari atau sama dengan KKM dan sekurang-kurangnya 75 nilai rata-rata kelas, maka tindakan ini dinyatakan berhasil karena pada siklus II sebanyak 18 siswa atau 90% dari 20 siswa telah mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPS, Media Jam Provinsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:31
Last Modified: 22 Dec 2017 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item