FONI RIZQIA, 1323305119 (2017) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER-ABSTRAK-DAFTAR ISI-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
FONI RIZQIA-PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBALAJARAN IPA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Metodepembelajaranadalahcara yang digunakanoleh guru dalammenyampaikanpembelajarankepadasiswauntukmencapaitujuanpembelajaran. Guru harus bias memilihmetode yang tepatdandisesuaikandenganmateripelajaran agar tujuanpembelajarandapattercapaidenganbaik. Hal tersebutmelatarbelakangiskripsiini.Salah satunyadenganmenggunakanmetodeeksperimen.Metodeeksperimenmemberikankesempatanpadasiswauntukmenemukankonsepsendirimelaluiobservasi, danmenekankanpadapemberianpengalamanlangsunguntukmengembangkankompetensiagaramenjelajahidanmemahamialamsekitarsecarailmiah. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah “BagaimanaPenggunaanMetodeEksperimenPadaPembelajaran IPA Kelas III di MI MuhammadiyahTamansariKarangmoncolPurbalinggaTahunPelajaran 2017/2018?”.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmendiskripsikanbagaimanapenggunaanmetodeeksperimenpadapembelajaran IPA di MI MuhammadiyahTamansariTahunPelajaran 2017/2018. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (filed research) denganjenispenelitiandeskriptifkualitatifyaitupenelitilangsungkelapanganuntukmemperoleh data daninformasiterkaitpenggunaanmetodeeksperimenpadapembelajaran IPA.. Teknik yang digunakandalampengumpulan data dalampenelitianiniadalahmenggunakanwawancara, observasidandokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakanadalahreduksi, penyajian data, penarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanmetodeeksperimenpadamatapelajaran IPA di MI MuhammadiyahTamansaridalam proses pembelajaran IPA sudahbaikkarenametodeeksperimenmembuatpesertadidiklebihmudahmemahamipelajaran yang diterimadenganmelihatfakta, sertamemberikanpengalamanlangsungkepadasiswauntukmengembangkankeaktifansiswadan agar bisaberfikirsecarailmiah. Dalammenggunakanmetodeeksperimendalampembelajaran IPA di MIM Tamansaritelahdilaksanakanmulaidaritahappersiapan,Tamansaritelahdilaksanakanmulaidaritahappersiapan, tahappelaksanaan, dantahaptindaklanjutatauevaluasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Metode, MetodeEksperimen |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 07:17 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 07:17 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3315 |
Actions (login required)
View Item |