PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FONI RIZQIA, 1323305119 (2017) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK-DAFTAR ISI-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
FONI RIZQIA-PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBALAJARAN IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metodepembelajaranadalahcara yang digunakanoleh guru dalammenyampaikanpembelajarankepadasiswauntukmencapaitujuanpembelajaran. Guru harus bias memilihmetode yang tepatdandisesuaikandenganmateripelajaran agar tujuanpembelajarandapattercapaidenganbaik. Hal tersebutmelatarbelakangiskripsiini.Salah satunyadenganmenggunakanmetodeeksperimen.Metodeeksperimenmemberikankesempatanpadasiswauntukmenemukankonsepsendirimelaluiobservasi, danmenekankanpadapemberianpengalamanlangsunguntukmengembangkankompetensiagaramenjelajahidanmemahamialamsekitarsecarailmiah. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah “BagaimanaPenggunaanMetodeEksperimenPadaPembelajaran IPA Kelas III di MI MuhammadiyahTamansariKarangmoncolPurbalinggaTahunPelajaran 2017/2018?”.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmendiskripsikanbagaimanapenggunaanmetodeeksperimenpadapembelajaran IPA di MI MuhammadiyahTamansariTahunPelajaran 2017/2018. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (filed research) denganjenispenelitiandeskriptifkualitatifyaitupenelitilangsungkelapanganuntukmemperoleh data daninformasiterkaitpenggunaanmetodeeksperimenpadapembelajaran IPA.. Teknik yang digunakandalampengumpulan data dalampenelitianiniadalahmenggunakanwawancara, observasidandokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakanadalahreduksi, penyajian data, penarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanmetodeeksperimenpadamatapelajaran IPA di MI MuhammadiyahTamansaridalam proses pembelajaran IPA sudahbaikkarenametodeeksperimenmembuatpesertadidiklebihmudahmemahamipelajaran yang diterimadenganmelihatfakta, sertamemberikanpengalamanlangsungkepadasiswauntukmengembangkankeaktifansiswadan agar bisaberfikirsecarailmiah. Dalammenggunakanmetodeeksperimendalampembelajaran IPA di MIM Tamansaritelahdilaksanakanmulaidaritahappersiapan,Tamansaritelahdilaksanakanmulaidaritahappersiapan, tahappelaksanaan, dantahaptindaklanjutatauevaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Metode, MetodeEksperimen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Dec 2017 07:17
Last Modified: 21 Dec 2017 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item