EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENYELENGGARAANPENDIDIKANDI SD NEGERI 1 KALIORI PURBALINGGA

TrianNovitasari, 1323303062 (2017) EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENYELENGGARAANPENDIDIKANDI SD NEGERI 1 KALIORI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK-DAFTAR ISI-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
TRIAN NOVITASARI-EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemenberbasissekolahmerupakansuatustrategipengelolaanpenyelenggaraanpendidikan di sekolah yang menekankanpadapengerahandanpendayagunaansumber internal sekolahdanlingkungannyasecaraefektifdanefisiensehinggamenghasilkanlulusan yang berkualitasdanbermutu.Manajemenberbasissekolahsebagaisalahsatupendekatandalamupayameningkatkanmutupendidikanmendekatisuatupermasalahandariberbagaisudutpandangdandalamperspektif yang lebihluas Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang efektifitasimplementasimanajemenberbasissekolahdalammeningkatkanmutupenyelenggaraanpendidikan di SD Negeri 1 KalioriPurbalingga. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas IV, guru kelas VI, guru mapel, dantenagaperpustakaan. Dalam analisis data, penulis menggunakan analisis data interaktifdenganlangkah-langkahreduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasimanajemenberbasissekolah di SD Negeri 1 Kaliori Purbalingga sudahsesuaidenganvisidanmisisekolah, dan untuk mencapai visi danmisi sekolah tersebut dilakukan langkah-langkah yang sistematis, berstruktur, tersusun dan memiliki tekat yang kuat. Agar visi dan misi dapat berjalan dengan baik kepala sekolah, guru, tenagakependidikan, komitesekolah, dan orang tuasiswa harus saling kerjasama denganmembentuk teamwork yang kompak, cerdasdandinamisdengan komunikasi saling terbuka.Proses penerapanmanajemenberbasissekolahmeliputi: penerapantujuanmanajemenberbasissekolah, penerapanprinsipmanajemenberbasissekolah, langkah-langkahmanajemenberbasissekolah, danbidanggarapmanajemenberbasissekolah. Dalambidanggarapmanajemenberbasissekolahmeliputi: manajemenkurikulum, manajementenagakependidikan, manajemenkesiswaan, manajemenkeuangan, manajemensaranaprasaranadanmanajemenhumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis SekolahdanMutuPendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Dec 2017 07:04
Last Modified: 21 Dec 2017 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item