PROSES PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN KELAS VI DI MIN SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP SKRIPSI

SYARIF HIDAYAT, 1323305081 (2017) PROSES PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN KELAS VI DI MIN SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
SYARIF HIDAYAT_PROSES PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN KELAS VI DI MIN SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU .pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)

Abstract

Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an atau menghafal Al-Quran perlu diterapkan pada jenjang pendidikan dasar . dengan tujuan agar anak senang dan cinta terhadap Al-Qur’an, gemar membaca dan menghafal Al-Qur’an dan memiliki akhlakul karimah . dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an tentunya diperlukan adanya komponen-komponen pembelajaran sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. komponen-komponen pembelajaran tersebut seperti tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Karena dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi untuk mendapatkan data yang jelas serta mendalam. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an kelas VI di MIN Sikanco sudah berjalan dengan baik. pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dimulai dengan tahfidz Al-Qur’an, kemudian membaca Asmaul husna bersama dan dilanjutkan kegiatan belajar mengajar. tujuan dari pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MIN Sikanco yaitu membentuk generasi Qur’ani yang cinta terhadap Al-Qur’an dan diharapkan siswa yang lulus dari MIN Sikanco menjadi hafidz dan hafidzoh juz ke-30. materi pembelajaran tahfidz yaitu pada juz ke 30. Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dilakukan menggunakan berbagai macam jenis metode diantaranya: metode binadzor, talaqqi, takrir, muraja’ah, dan mu’aradhah. media yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an menggunakan jenis media audio dan visual. Evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dilakukan pada setiap akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Dec 2017 01:17
Last Modified: 21 Dec 2017 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item