Priyanto, 122340203 (2017) KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN SEKOLAH ISLAM (Studi Multikasus pada SMP al Irsyad al Islamiyyah, SMP Muhammadiyah 1, dan SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto). Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER-Karakteristik Kepemimpinan Sekolah Islam.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
HAL DEPAN-DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
HAL DEPAN-DAFTAR TABEL.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
HAL DEPAN-KATA PENGANTAR.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
HAL DEPAN-ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
1-Tesis BAB I-Priyanto.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
2-Tesis BAB II-Priyanto.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
3-Tesis BAB III-Priyanto.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
4-Tesis BAB IV-Priyanto.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
5-Tesis BAB V-Priyanto.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
|
Text
6-Tesis BAB VI-Priyanto.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah fenomena pendidikan Islam dan upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam. Penelitian para pakar menunjukkan bahwa kepemimpinan memegang peranan penting dalam mendorong kesuksesan reformasi sekolah, yang pada gilirannya menentukan prestasi sekolah secara keseluruhan. Dengan demikian, dibutuhkan kepala sekolah yang profesional, yaitu kepala sekolah yang menguasai kemampuan dan keterampilan untuk memimpin, mampu mengejawantahkan nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan Islam dan menguasai nilai-nilai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan permintaan zaman, sekaligus menguasai dan mengembangkan prinsip-prinsip manajemen modern. Di dasarkan pada hal tersebut, maka pertanyaan mendasar dalam penelitian ini yaitu bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala SMP al Irsyad al Islamiyyah, SMP Muhammadiyah 1, dan SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto?; dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik kepemimpinan SMP al Irsyad al Islamiyyah, SMP Muhammadiyah 1, dan SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami dan menganalisis karakteristik kepemimpinan sekolah Islam dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik kepemimpinan sekolah Islam. Penelitian ini didasarkan pada perpaduan antara teori Day, teori Danim, dan kepemimpinan sekolah Islam. Dimana dapat dirumuskan beberapa karakteristik kepemimpinan sekolah Islam, yaitu: mempunyai visi yang jelas, menghormati otonomi guru, mengantisipasi perubahan dan mengembangkan sekolah, membangun komunikasi efektif, memahami sejarah organisasi, memahami kekuatan organisasi, dan komitmen terhadap budaya organisasi Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi multikasus. Subyek utama penelitian ini adalah kepala SMP al Irsyad al Islamiyyah, SMP Muhammadiyah 1, dan SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto. Sedangkan teknik pengumpulan datanya, yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kepemimpinan sekolah Islam didominasi oleh budaya organisasi Islam yang di bentuk oleh figur kepala sekolah (sebagai tindakan individual) dan struktur sosial sekolah Islam (sebagai kekuatan social). Dimana satu sama lain saling berinteraksi dan berkontribusi dalam meningkatkan performa sekolah Islam. Adapun karakteristik tersebut adalah mempunyai visi yang jelas dan realistis yang merujuk pada paradigma tauhid, menghormati otonomi guru dengan memberdayakan, mengantisipasi perubahan dan mengembangkan organisasi dengan menganalisis konteks internal dan eksternal, serta senantiasa membangun komunikasi efektif untuk meningkatkan partisipasi komunitas sekolah dalam merealisasikan visi. Selain itu, kepala sekolah juga memahami sejarah dan kekuatan organisasi, sehingga mampu menentukan fokus dan strategi pencapaian visi, dan kepala sekolah komitmen terhadap budaya organisasi Islam. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik kepemimpinan sekolah Islam, yaitu: 1) pemimpin yang religious, humoris, tegas, dan mau mendengar; 2) pengikut yang loyal, dinamis, kritis, dan taat; 3) situasi yang kondusif; dan 4) komunikasi yang tersistem, rutin, dan penuh kekeluargaan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakteristik, kepemimpinan, sekolah Islam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. lutfie MZ |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 03:38 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 03:38 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3293 |
Actions (login required)
View Item |