ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA/MA/SMK/MAKDENGAN KURIKULUM 2013 RIZATUL ARIFIN 1323308043

RIZATUL ARIFIN, 1323308043 (2017) ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA/MA/SMK/MAKDENGAN KURIKULUM 2013 RIZATUL ARIFIN 1323308043. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RIZATUL ARIFIN_ANALISIS KESESUAIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan buku siswa atau buku teks pelajaran tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Padasaatkurikulum lama digantiisiataumateriharusdisesuaiakandengankurikulum yang baru.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatkesesuaianmateriPendidikan Agama Islam dan Budi PekertipadabukuPendidikan Agama Islam dan Budi PekertiterbitanKementerianPendidikandanKebudayaanedisirevisi 2017 dilihatdariaspekkompetensiIntidanKompetensiDasarKurikulum 2013. Metodedalampenulisaninimenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenulisan yang digunakanadalahpenulisananalisisdokumen(documentary analysis) atauanalisisisi(content analysis).PenulisaninidilakukanuntukmengetahuikondisibukutekssiswaPendidikan Agama Islam dan Budi PekertidankesesuaiannyadenganKurikulum 2013 padamatapelajarantersebut. Hal inidilakukansebagaiupayapeningkatankualitasbukuteksPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang digunakanolehpendidiksertapesertadidikkelas XSMA/MA. Dalampenelitianini, pedomandokumentasi yang digunakanberdasarkandimensi spiritual, dimensisosial, dimensipengetahuandandimensiketerampilan yang ditetapkanolehBadanStandarNasionalPendidikan (BSNP).Selanjutnyapengumpulan data menggunakanteknikskoring.Teknikinidilakukandenganmemberitandacheck list padalembarpenskoransesuaikriteriapenilaian. Adapunteknikanalisis data berikutnyaadalahmenghitungpersentaseskordarisetiapaspek yangdinilai. HasilanalisispadabukutekssiswaPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan KEMENDIKBUD adalahsebagaiberikut: (1) Kelayakanpadadimensi spiritual adalahsebesar 91.6% ataupadakategorisangatbaik.(2) KelayakanpadadimensiSosialadalahsebesar 87% ataupadakategorisangatbaik. (3) Kelayakanpadadimensipengetahuanadalahsebesar 96% ataupadakategorisangatbaik. (4) Kelayakanpadadimensiketerampilanadalahsebesar 88% ataupadakategorisangatbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:51
Last Modified: 07 Dec 2017 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item