Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Life Skill di MI Al Hasan Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas

Siswadi, M.Pd.I Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Life Skill di MI Al Hasan Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas. Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Siswadi_Implementasi pembelajaran fiqih berbasis Life skill.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran materi fiqh Implementasi Pembelajaran Fiqh di MI Al Hasan Kecamatan Sumpuih, Kabupaten Banyumas sudah memberikan pemahaman bukan sekedar ceramah dan tanya jawab namun sudah mengintegrasikan dengan praktek dari materi itu sendiri. Sehingga anak didik yang belajar lebih mendapatkan pemahaman praktek (life skill) dalam materi fiqh yang lebih pada amaliyah sehari-hari. Maka penelitian ini membahas tentang yakni Pertama, implementasi Pembelajaran Fiqh Berbasis Life Skill di MI Al Hasan Kecamatan Sumpuih, Kabupaten Banyumas; Kedua, faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Pembelajaran Fiqh. Pendekatan penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan konsep diskriptif analisis pada kajian Implementasi Pembelajaran Fiqh berbasis life skill di MI Al Hasan. Metode penelitian interview (wawancara), observasi (pengamatan), metode dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data penelitian, menggunakan metode pendidikan integratif dengan pola pikir induktif dan deduktif dalam kajian Implementasi Pembelajaran Fiqh berbasis life skill di MI Al Hasan. Hasil penelitian ini yakni Pertama, dalam implementasi pembelajaran fiqih di MI Al Hasan mengarah pada Life Skill dengan memaksimalkan pada komponen pembelajaran yakni (a) Materi Pembelajaran yakni Fiqih di MI lebih membahas persoalan fiqih dasar seperti terkait ubudiyah (ibadah), dan juga muamalah, serta mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah tahun 2013. Dan juga Mata pelajaran Fiqih yang merupakan bagian dari pelajaran agama di madrasah mempunyai ciri khas dibandingkan dengan pelajaran yang lainnya; (b) model pembelajaran yakni pembelajaran Fiqih MI Al Hasan Pengajar (guru) lebih menekankan pada membangun pemahaman dan praktek terhadap materi-materi. Melihat dari model pembelajaran Pembelajaran Fiqih MI Al Hasan lebih mengarah pada model Behavioral Model of Teaching (Sistem Perilaku dalam Pembelajaran) yakni model pembelajaran yang dibangun atas dasar kerangka teori perubahan perilaku; (c) metode pembelajaran yakni dalam metode pembelajaran fiqih yang dipakai cukup variatif yakni ceramah, demonstrasi, simulasi, bermain peran (role play), tanya jawab dan latihan (driil); dan (d) media pembelajaran yakni Media yang digunakan sangat variatif yakni disesuaikan dengan materi yang diajarkan, seperti media yang berbasis benda (alat peraga), audio-visual atau juga langsung dari sumbernya. Kedua, Faktor pendukung meliputi kontrol dari madrasah, penguasaan materi oleh guru, kegiatan pendukung madrasah. Sedangkan Faktor penghambat meliputi kekurangsiapan guru dalam mengajar, kemampuan siswa yang berbeda-beda, minimnya waktu jam pelajaran. Keyword: Madrasah, Fiqih, Lifeskill

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Madrasah, Fiqih, Lifeskill
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:47
Last Modified: 28 Jun 2016 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item