MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA NEGERI CILACAP

Rosihatul Ulum, 1423402041 (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA NEGERI CILACAP. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
ROSIHATUL ULUM_MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Manajemen Pembelajaran merupakan salah satu bagian dari manajemen pendidikan. SMP Luar Biasa Negeri Cilacap berupaya semaksimal mungkin untuk dapat merealisasikan Manajemen Pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di SMP LB Negeri Cilacap. Untuk mendalami pelaksanaan Manajemen Pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Cilacap, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses Manajemen Pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Cilacap. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses Pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SMP LBNegeri Cilacap meliputi: pertama, perencanaan manajemen pembelajaran yang terdiri dari penyusunan prota, promes, silabus dan RPP, penjabaran materi, penentuan strategi dan metode pembelajaran, penyedian sumber, alat dan sarana prasarana pembelajaran serta penetuan alat penilaian hasil belajar. Kedua, Pengorganisasian yang dimulai dengan adanya koordinasi antara guru PAI dengan kepala sekolah, guru PAI dengan guru PAI sekolah lain dan kegiatan MGMP.Ketiga, pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan pengelolaan kelas dan peserta didik yang meliputi tiga tahap, yaitu: Tahap pra instruksional, Instruksional dan Tindak lanjut/ Evaluasi. Keempat, Evaluasi, evaluasi ini dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung dilaksanakan sewaktu-waktu dalam arti tidak terjadwal atau sering disebut dengan inspeksi mendadak (sidak). Sedangkan yang dilakukansecaratidaklangsung, dengancarapenilaianberbasiskelas yang memuatranahkognitif, psikomotorikdanafektif. Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP LBNegeri Cilacap melibatkan guru dan peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung Manajemen Pembelajaran PAI di SMP LB Negeri Cialcap meliputi: a. Keberadaan SMP LBNegeri Cilacap didukung oleh pemerintah dan direktorat, b. Guru mengajar sesuai dengan profesionalnya, c. Materi yang diberikan diselaraskan dengan metode yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Faktor penghambat meliputi: a. Minimnya alokasi waktu, b. kesulitan dalam proses pembelajaran karena sikap dan kecenderungan anak yang cuek. c. Kurangnya kedisiplinan siswa dalam masuk sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ManajemenPembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SMPLB
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 30 Nov 2017 07:07
Last Modified: 30 Nov 2017 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item