IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN MULIA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SURAHMI, NIM. 092338020 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN MULIA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SURAHMI_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN MULIA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 20132014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter disebut juga dengan: pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, dan pendidikan watak, yang bertujuan untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik, dan mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Implementasi pendidikan karakter adalah pendidikan karakter yang dibangun berdasarkan: dasar yuridis pendidikan karakter, prinsip pendidikan karakter, kurikulum pendidikan karakter, latihan-latihan moral dan pembentukan akhlak/karakter, dan trasformasi batin (yang terkait dengan agama dan sains).Dalampenanamannilai-nilaikarakter di sekolahdibutuhkanperan orang tua, sebabkeluargaadalahkomunitaspertamadimanaseorangmanusiasejakusiadinibelajarkonsepbaikdanburuk, benardansalah. Dengan kata lain di keluargalahpertama kali seseorangbelajartatanilaiatau moral. Begitu pula peran guru jugasangatpentingdalamimplementasipendidikankarakter.Di antaraperan guru dalampelaksanaanpendidikankarakteryaituketeladanan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator.Melaluisentuhan guru, diharapkanmampumenghasilkanpesertadidik yang bukanhanyacerdasintelektual, melainkanjugacerdassecaraemosionaldan spiritual sertamemilikikecakapanhidup.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter di SDIT Insan Mulia Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. SubyekpenelitianadalahKepalaSekolah, Guru, dansiswa.SedangkanobjekpenelitianadalahImplementasiPendidikanKarakter di Sekolahdasar Islam TerpaduInsanMuliaBanyumasTahunPelajaran 2013/2014.Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisa datakualitatifdengantahapanreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanimplementasipendidikankarakter di SekolahDasar Islam TerpaduInsanMuliaBanyumassudahterlaksanadenganbaik.Dalamimplementasipendidikankarakter, sekolahmenggunakanmetode: keteladanan, pembiasaan, dannasihat yang lembut (mau’idhoh). Ketigametodeinisangattepatuntukpenanamannilai-nilaikarakterpadadirisiswa SDIT InsanMuliaBanyumas, karenasiswamendengardanmelihatsecaralangsungcontohdariustad/ustazahnya. Kata Kunci:Implementasi,PendidikanKarakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:47
Last Modified: 23 Jun 2016 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item