Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Hidayatun Hikmah, 1423402094 (2017) Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
HIDAYATUN NIKMAH_EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program pengembangan profesionalisme guru di MI Ma’arif NU Pageraji Cilongok Kabupaten Banyumas sudah berjalan sejak tahun 2010. Tim Penjamin Mutu yang membawahi Tim Pengembang Madrasah(TPM) TPM bertanggung jawab dalam kegiatan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program pengembangan profesionalisme guru di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Model evaluasi ini dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam dkk. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1)Dari komponen context, perumusan visi, misi, dan tujuan program pengembangan profesionalisme guru sudah kategori baik. Sedikit catatan pada perumusan visi dimana perumusan misi masih kurang sempurna, karena visi dari pelaksanaan program pengembangan profesionalisme guru merupakan implementasi dari visi dan misi madrasah yang mengacu pada program tahunan dan Renstra madrasah. 2) Dari komponen Input, menunjukkan bahwa input tim, guru, kurikulum serta sarana dan prasarana sudah kategori baik. Sedikit catatan pada input sarana dan prasarana masih perlu adanya peninjauan terkait pengembangan profesionalisme guru. 3) Dari komponen Process, penggunaan metode, media, materi, danwaktu pembelajaran dalam pengembangan profesionalisme guru sudah kategori baik. Sementara untuk waktu pengembangan profesionalisme guru perlu dioptimalkan. 4) Komponen Product sudah kategori baik. Pencapaian program pengembangan profesionalisme guru sudah sesuai target yang ditetapkan oleh madrasah. Program yang dibuat oleh tim pengembangan profesionalisme guru sangat efektif untuk memantau dan mengukur keberhasilan program yang dibuat oleh tim pengembangan profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Profesionalme guru, CIPP (context, input, process, product)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 30 Nov 2017 03:55
Last Modified: 30 Nov 2017 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3245

Actions (login required)

View Item View Item