PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) “KARTU BACA-NGAJI ASYIK” SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAGI ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Tutuk, Ningsih (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) “KARTU BACA-NGAJI ASYIK” SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAGI ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto, Purwokerto.

[img]
Preview
Text
tutuk_PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode bermain merupakan salah satu hal yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran anak. Oleh sebab itu, pendidik hendaknya membimbing jalannya permainan itu agar jangan sampai menghambat perkembangan anak dalam segi kognitif, afektif dan psikomotorik dan anak juga diberi tempat dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk bermain. Untuk mendukung metode bermain, maka dibutuhkan alat permainan edukatif (APE) sebagai media pembelajaran yang akan membantu pelaksanaan metode bermain tersebut. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah .1)bagaimanakah model pengembangan alat permaianan edukatif “ Kartu Baca-Ngaji Asyik” sebagai media belajar membaca dan mengaji di RA Aisyiyah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas? 2) bagaimanakah kelayakan alat permainan edukatif “Kartu Baca-Ngaji Asyik” sebagai media belajar membaca dan mengaji di RA Aisyiyah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas? 3). Apa kelebihan dan kelemahan alat permainan “Kartu Baca-Ngaji Asyik” sebagai media belajar membaca dan mengaji untuk anak usia dini? Hasil penelitian ini adalah 1. Pada tahap desain ini setidaknya ada tiga hal yang peneliti laksanakan yaitu meliputi analisis konsep atau ide, menerjemahkan hasil analisis konsep, dan mendeskripsikan desain awal permainan “Kartu Baca-Ngaji Asyik”. Kemudian tahap terakhir atau tahap ketiga, tahap pengembangan meliputi menyiapkan gambar dan teks materi, menyiapkan dan mendesain permainan “Kartu Baca-Ngaji Asyik”, mencetak (printout) hasil desain permainan “Kartu Baca-Ngaji Asyik”, dan membuat komponen pendukung yaitu buku panduan permainan. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk permainan “Kartu Baca-Ngaji Asyik”secara umum baik dan layak digunakan sebagai media belajar bagi anak usia dini. Hal tersebut dibuktikkan dengan respon, antusiasme, dan skor penilaian dari responden dan user (pengguna). Rata-rata pemain (peserta didik) memberikan komentar positif seperti senang, ingin kembali bermain, dan menceritakan dengan ceria pengalaman bermainnya pada teman-temanya.3) Konsep dan desain permainan “Kartu Baca-Ngaji Asyik” yang sederhana menjadikannya mudah untuk dikembangkan, diluaskan materinya baik oleh pendidik maupun orangtua. Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, Media Belajar, Anak Usia Dini

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Media Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:44
Last Modified: 25 Mar 2021 14:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item