IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI KURIPAN KIDUL 02 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN

Irna Risti Rahayu, 1223305053 (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI KURIPAN KIDUL 02 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
IRNA RISTI RAHAYU_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran sangatlah penting digunakan bagi seorang guru ketika mengajar, karena penggunaan strategi pembelajaran seharusnya merupakan bagian yang terpenting yang harus mendapat perhatian seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Memiliki strategi pembelajaran seorang guru akan mempunyai pedoman dalam bertindak yang berkenaan dengan berbagai alternatif pilihan yang mungkin dapat dan harus ditempuh. Sehingga Kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara sistematis, terarah, lancar dan efektif. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di kelas V SD Negeri Kuripan Kidul 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap sudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) pokok bahasan pesawat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) pokok bahasan pesawat sederhana di SD Negeri Kuripan Kidul 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Adapun manfaat dari penelitian ini bagi guru yaitu dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi terhadap pembelajaran yang sudah berlangsung. Jenis penelitian yag digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu Ibu Susati Krismiati S. Pd. SD selaku guru kelas V dan juga siswa kelas V SD Negeri Kuripan Kidul 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran inkuiri yang digunakan guru dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) pokok bahasan pesawat sederhana kelas V di SD Negeri Kuripan Kidul 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) pokok bahasan pesawat sederhana kelas V di SD Negeri Kuripan Kidul 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap di sudah terlaksana dengan baik. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Strategi pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan guru meliputi langkah-langkah orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran inkuiri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:35
Last Modified: 23 Nov 2017 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item