PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU I PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Chalimi, Achmad (2016) PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU I PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
Achmad Chalimi_Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Ma'arif NU 1 Pasir Kidul Purwokerto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seorang pendidik ketika hendak mengajarkan bahasa Arab, hendaknya mahir atau mampu menguasai bahasa tersebut. Bahasa Arab merupakan bagian penting dari agama Islam, karena ibadahnya orang Islam banyak yang menggunakan bahasa Arab. MTs NU I Pasir Kidul merupakan lembaga pendidikan formal yang mengajarkan berbagai macam mata pelajaran, salah satunya yakni bahasa Arab. Mengingat Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab yang diteliti, maka tujuan penulis yakni agar dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya siswa bisa mengenal budaya Arab, baik budaya yang bersifat lisan maupun yang bersifat tulisan. Subjek penelitian yang diambil adalah guru bahasa Arab, dan siswa-siswi MTs M’aarif NU I Pasir Kidul. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa metode observasi, metode interview serta metode dokumentasi. Untukmenganalisis data dari hasil penelitian digunakan metode analisis non statistic Untuk mengklarifikasi data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan pola berfikir metode induktif Pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU I dilakukan secara integral, artinya dalam setiap penyampaian materi bahasa Arab akan menggunakan empat keterampilan. Awal materi siswa disuguhkan dengan keterampilan menyimak bertujuan agar siswa bisa memahami wacana lisan melalui kegiatan menyimak, keterampilan berbicara bertujuan agar siswa bisa membiasakan diri sehingga tidak asing utuk diucapkan, metode yang digunakan metode langsung yakni dengan melatih siswa untuk memperbanyak latihan percakapan, keterampilan membaca bertujuan agar siswa mampu memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, dan keterampilan menulis, bertujuan agar siswa mampu menggungkapkan pikiran, gagasan melalui kegiatan menulis Kata Kunci : Pembelajaran, Mata Pelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Mata Pelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:32
Last Modified: 22 Jun 2016 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item