PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BANYUMAS

Yusinta Khoerotul Nisa, 1323301230 (2017) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
YUSINTA KHOEROTUN NISA_PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Karakter adalah watak, tabiat yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Karakter bukan bawaan sejak lahir, tidak datang dengan sendirinya, tidak bisa diwariskan dan diukur akan tetapi harus dibentuk dan ditumbuh kembangkan dan dibangun secara sadar. Karakter harus ditanamkan sejak dini kepada peserta didik. Dalam proses pembentukan karakter, peserta didik tidak akan langsung berlangsung dengan sendirinya akan tetapi melalui proses. Salah satu proses tersebut dapat melalui pendidikan. Untuk memebntuk pribadi yang berkarakter tersebut dengan melalui kebiasaan-kebiasaaan yang baik dan bermanfaat yang dilakukan secara berulang-ulang, hari demi hari lambat laun akan masuk pada bagian yang sulit ditinggalkan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter religius siswa di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Banyumas. Jenispenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifkasi data. Objek penelitian ini adalah pembentukan karakter religius siswa di SD Terpadu Putra harapan Purwokerto Banyumas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembentukan karakter religius siswa di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Banyumas, dilaksanakan melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode cerita,metode karyawisata, metode reward dan panishman. Namun metode yang paling sering digunakan adalah metode keteladanan dan metode pembiasaan seperti pembiasaan-pembiasaan yang diperogramkan disekolah diantaranya adalah doa bersama seblum masuk jam pelajaran, sholat berjamaah (sholat dhuha, dhuhur dan jum’at), tahfidul qur’an dan hadits, adapun program mingguan seperti bisnis day, infak kelas, juma’at bersih dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, karakter religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:47
Last Modified: 16 Oct 2017 08:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3176

Actions (login required)

View Item View Item