PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS ATAS DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Rizqika Hamid Albadri, 1522603018) (2017) PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS ATAS DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
Rizqika Hamid Albadri_Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal Siswa Kelas Atas di MI Muhammadiyah Ajibarang Kabupaten Banyumas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover_babI_babV_daftarpustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada hakikatnya sistem pendidikan mempunyai tujuan untuk membangun manusia seutuhnya. Maksud dari tujuan pendidikan membentuk manusia yang utuh yaitu pendidikan itu meliputi berbagai aspek, tidak hanya aspek intelektual saja, tetapi juga aspek lainnya seperti kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan seseorang yang mampu memahami diri sendiri, mengetahui kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya sendiri, sehingga dapat memotivasi dirinya sendiri. Dalam dunia pendidikan kekuatan pemahaman diri pada seorang anak sangat dibutuhkan agar anak dapat berekspresi dan berkarya dengan optimal. MI Muhammadiyah Ajibarang adalah sebuah madrasah yang memiliki slogan, “Belajar itu Ibadah, Prestasi itu dakwah”. Semenjak tahun 2013, madrasah ini telah menggunakan kegiatan sehari di madrasah sebagai ruang bagi kegiatan sehari-hari siswa. Kegiatan sehari di madrasah di MIM Ajibarang memuat berbagai program yang dapat digunakan untuk mengasah kecerdasan intrapersonal siswa, antara lain melalui: program intrakurikuler pembelajaran sesuai kurikulum, program pengembangan diri yang di dalamnya termasuk kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan, program pembinaan Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil tempat di MI Muhammadiyah Ajibarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas atas, dan siswa-siswa kelas IV s.d. VI Analisa data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, antara lain dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan intrapersonal siswa kelas atas di MI Muhammadiyah Ajibarang dilaksanakan include dalam kegiatan sehari di madrasah. Kegiatan sehari di madrasah yang mengembangkan kecerdasan intrapersonal siswa termaktup dalam kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Pengembangan kecerdasan intrapersonal siswa di MI tersebut mencakup beberapa aspek antara lain: aspek percaya diri, aspek motivasi diri, aspek pemecahan masalah, dan aspek tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Madrasah, Kecerdasan Intrapersonal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:22
Last Modified: 12 Oct 2017 01:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item