PENERAPAN METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI TPQ AL-FURQON KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Setyo Prasasti, 1123308019 (2017) PENERAPAN METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI TPQ AL-FURQON KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
SETYO PRASASTI_PENERAPAN METODE BERNYANYI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)

Abstract

Menyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, dimana dalam perkembangannya yang normal tidak akan lepas dari kegiatan tersebut. Melalui kegiatan menyanyi anak dapat belajar apa saja, bahkan terasa tanpa ia sadari. Berbagai aspek kejiwaan anak juga dapat dikembangkan melalui kegiatan tersebut. Dengan kegiatan menyanyi merupakan bagian kehidupan anak dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode bernyanyi pada pembelajaran akhlak di TPQ Al-Furqon Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode bernyanyi pada pembelajaran akhlak di TPQ al-Furqon Kecamatan Purwokerto Utara diawali dari penataan kelas dan lingkungan belajar santri, kemudian diteruskan dengan kegiatan inti yang dimulai dari permainan, dilanjutkan kegiatan inti dan kemudian diakhiri dengan penutup, yang dilakukan dengan cara mengajak santri untuk merapihkan mainan dan mengajak untuk melakukan refleksi terkait pembelajran yang telah diajarkan oleh ustadz. Penerapan metode bernyanyi di TPQ al-Furqon ini diawali dengan duduk melingkar dan diakhiri dengan duduk melingkar pula. Penerapan metode bernyanyi pada pembelajaran akhlak di TPQ Al-Furqon biasa dilakukan santri pada kegiatan awal dan kegiatan penutup pembelajaran akhlak. Menyanyi merupakan bagian dari metode ustadz untuk membangkitkan motivasi dan menyiapkan santri mengikuti pelajaran. Penerapan metode menyanyi di TPQ al-Furqon dapat mengembangkan apresiasi anak, karena melalui nyanyian anak dapat mengekspresikan segala pikiran dan isi hati. Syair yang dilantunkan dalam nyanyian biasanya berisi tentang materi akhlak yang sedang diajarkan. Nyanyian ini juga untuk memudahkan santri menghafal materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Pembelajaran, Akhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:29
Last Modified: 11 Oct 2017 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item