PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARANTEMATIK SISWA KELAS 4 DI MI NEGERI PURWOKERTO

YUNITA SURYANDARI, 1323310032 (2017) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARANTEMATIK SISWA KELAS 4 DI MI NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
YUNITA SURYANDARI_PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

Padahakikatnyasumberbelajarmerupakansegalasesuatubaikberupapesan, benda, data, fakta, ide, orang, alat, teknik, lingkungandan lain sebagainya yang dimanfaatkansertadiciptakanoleh guru secarasengajauntukbisamenimbulkan proses belajarsiswasecaraindividudanmemberikanruang yang lebihluasbagisiswauntukberinteraksidenganberbagaisumberbelajar yang adaitulah yang disebutdengansumberbelajar. Pembelajarantematikmerupakansuatu model pembelajaranterpadudenganmenggunakantemauntukmengaitkanbeberapamatapelajaran yangsalingterkaitsehinggalebihbermakna yang menekankanketerlibatansiswasecaraaktifdanmenyenangkandalampembelajarandenganharapansiswamampumemperolehilmupengetahuansecarautuh. PenelitianinibertujuanmengetahuibagaimanakahPenggunaanSumberBelajardalamPembelajaranTematikSiswaKelas 4 di MiNegeriPurwokerto, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)yang bersifatdeskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanmenggunakan Model Miles danHuberman, denganlangkah-langkahnyaberupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenggunaan sumber belajar dalam pembelajaran tematik siswa kelas 4 di MI Negeri Purwokerto memperhatikan aspek tujuan, karakteristik siswa, kelebihan, keterbatasan, keefektifan serta pembiayaan baik dari pihak sekolah maupun siswa sehingga pembelajarannya lebih efektif dan efisien. Sumberbelajar yang digunakanjugamemilikinilai moral dan kaya akannormasesuaidenganKurikulum 2013 yang menekankanpadapembelajarannilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sumberbelajar, tematik integratif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:04
Last Modified: 10 Oct 2017 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item View Item