PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI POKOK HURUF JAWA NGLEGENA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PASA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tri Wahyuni, 1323310069 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI POKOK HURUF JAWA NGLEGENA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PASA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
TRI WAHYUNI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI POKOK HURUF JAWA NGLEGENA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuibesarnya peningkatan hasil belajar melalui penerapan strategi Index Card Match mata pelajaran Bahasa Jawa materi pokok huruf Jawa nglegena kelas III MI Muhammadiyah Kebutuh Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti mengambil data dari keseluruhan data yang ada yaitu siswa, adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode observasi,wawancara, dokumentasi, dan tes. Kemudian dianalisis dengan menggunakan anatara nilai ujian pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus pertama dan juga siklus kedua hingga mencapai tujuan yang diinginkan. Dari analisa peneliti, diketahui bahwa setelah mengadakan penelitian tindakan kelas, hasil belajar mata pelajaran Bahasa Jawa materi pokok huruf Jawa nglegena menggunakan strategi Index Card Match kelas III MI Muhammadiyah Kebutuh mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil tes rata-rata peserta didik selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I diperoleh 61,11 % dengan kriteria kurang sedangkan pada siklus II diperoleh 94,44% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Index Card Match, Hasil Belajar, Bahasa Jawa,
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:37
Last Modified: 10 Oct 2017 04:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3124

Actions (login required)

View Item View Item