Pengembangan Sekolah Ramah Anak Berbasis Edutainment di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga

Siti Nur Zakiyah, .1522603022 (2017) Pengembangan Sekolah Ramah Anak Berbasis Edutainment di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
SITI NUR ZAKIYAH_PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK BERBASIS EDUTAINMENT DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, permasalahan seputar anak menjadi perhatian tersendiri. Anak sebagai generasi penerus bangsa sering kali menjadi ajang kekerasan atas problematika yang dialami guru maupun orang tua. Anak juga sering menjadi pelampiasan kekerasan, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan sekitar. Pemenuhan hak-hak anak ini menuntut para pendidik untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin dan pola pendidikan yang berfokus pada peserta didik (student center). Proses pendidikan berbasis Edutainment dirancang agar dalam proses belajar-mengajar dilakukan secara keseluruhan agar pendidikan yang terjadi berlangsung dalam suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Naturalistik, yaitu penelitian yang menghasilkan penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau cara lain dari kuantifikasi (pengukuran) dengan mementingkan proses dan memperhatikan perkembangan yang terjadi di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan pengembangan sekolah ramah anak berbasisedutaiment di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga dengan mengacu program-program kegiatan yang berpusat apa anak dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan anak, memahami keberagaman dan penyertaan anak, proses pengembangan lingkungan belajar siswa, serta keterlibatan wali siswa dan masyarakat yang mendukung proses pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang ramah anak dengan pendidikan berbasis edutaimnet. Melalui pendidikan berbasisedutainment di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga berupaya mengembangkan sekolah ramah anak dengan menciptakan lingkungan secara pribadi dan sosialnya yanga aman secara fisik dan emosionalnya dengan mengenali, mendorong dan mendukung anak untuk tumbuh sebagai siswa dengan budaya sekolah, perilaku mengajara guru, dan kurikulum yang berfokus pada pembelajaran yang dikemas dengan proses pendidikan dan aktivitas pembelajaran tidak lagi tampil dalam wajah yang menakutkan, tetapi dalam wujud yang humanis dan dalam interaksi edukatif yang terbuka dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Ramah Anak dan Edutainment
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:33
Last Modified: 10 Oct 2017 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item