KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ahmad Musaffa, NIM.: 102338164 (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover-bab I-bab V - daftar pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang didalamnya terdapat beberapa kompetensi diantaranya kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional. Dari sekian kompetensi yang ada yang akan dibahas adalah kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Banyumas adalah ”Bagaimana kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetesi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik tringulasi peneliti menganalisis setiap data-data yang diperoleh dan menyisirnya untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi pedagogik sudah sebagian besar terpenuhi oleh guru pendidikan agama Islam SMK SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Banyumas. Kompetensi tersebut dilakukan dengan kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pedagogy, teacher professionalism, Pedagogy competence
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Oct 2017 00:58
Last Modified: 10 Oct 2017 00:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item