PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS II TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU MI MA’ARIF NU SINGASARI KECAMATAN KARANG LEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Itsna Luthfi Farchani, 1323305094 (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS II TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU MI MA’ARIF NU SINGASARI KECAMATAN KARANG LEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
ITSNA LUTHFI FARCHANI__ Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Hasil belajar tematik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, beberapa faktor diantaranya adalah gaya mengajar guru. Gaya mengajar yang dilakukan guru dirasa penting, karena dalam proses pembelajaran tidak akan lepas dari interaksi antara guru dan murid. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar tematik siswa kelas II MI Ma’arif NU Singasari Kecamatan Karang Lewas Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data diperoleh melalui angket untuk mengetahui gaya mengajar guru dan dokumentasi berupa rekapan nilai ulangan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan tehnik analisis statistik regresi linier sederhana dengan tempat penelitiannya di MI Ma’arif NU Singasari kecamatan karang lewas kabupaten banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar guru kelas II MI Ma’arif NU Singasari Kecamatan Karang Lewas Kabupaten Banyumas diperoleh rata- rata 57,05, dan dibulatkan menjadi 57. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel gaya mengajar dalam kategori baik yaitu pada interval 51-57. Hasil analisis tentang hasil belajar tematik diperoleh rata-rata 90,31atau dibulatkan menjadi 90. Dari nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel hasil belajar tematik dalam kategori baik yaitu pada interval 88-91. Dari hasil pengujian signifikansi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar tematik MI Ma’arif NU Singasari Karang Lewas Banyumas. Dan koefisien determinasi atau R- square sebesar 0,686. Ini berarti bahwa 68,6% hasil belajar tematik dipengaruhi oleh gaya mengajar guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar, hasil belajar tematik, MI Ma’arif NU Singasari
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:50
Last Modified: 09 Oct 2017 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3098

Actions (login required)

View Item View Item