NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM “TANDA TANYA” KARYA HANUNG BRAMANTYO

FIRDAUSUL ULYA, NIM. 1123301085 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM “TANDA TANYA” KARYA HANUNG BRAMANTYO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIRDAUSUL ULYA_NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM “TANDA TANYA” KARYA HANUNG BRAMANT.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan multikultural adalah sebuah proses pendidikan yang mengedepankan keragaman, kesetaraan, perbedaan, toleransi, humanism, pluralism, demokrasi, dan keadilan. Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui media film. Film sangat membantudalam proses penanaman nilai-nilai multikultural dan lebih memberikan pengaruh yang besar, karena film dapat menyajikan contoh yang nyata, dan mudah dipahami, sebagai contoh film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo, yang menggambarkan realitas kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama di Indonesia. Sehingga dalam penelitian ini, penulis meneliti nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video film Tanda Tanya, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, internet, majalah dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Setelah data terkumpul selanjutnya dipilih dan dipilah serta diklasifikasikan untuk kemudian dilakuan analisis data. Kemudian dalam metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi atau content analysis. Jenis analisis ini akan penulis gunakan dalam upaya menerangkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo yang harus diketahui, ditanamkan dan diamalkan dalam diri setiap individu, yaitu 1) Nilai Toleransi, 2) Nilai Pluralisme, 3) Nilai Kesetaraan, 4) Nilai Demokrasi, dan 5) Nilai Humanisme. Nilai-nilai pendidikan multicultural yang terdapat dalam film Tanda Tanya karya Hanung Bramantyo tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Film Tanda Tanya
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 06 Oct 2017 01:47
Last Modified: 06 Oct 2017 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3092

Actions (login required)

View Item View Item