BENTUK PENDIDIKAN AGAMA BAGI MASYARAKAT (Sekitar Pondok Pesantren “Darussalam” Dukuhwaluh Kembaran Banyumas)

Aziz Pristiyanto, (1223301194) (2017) BENTUK PENDIDIKAN AGAMA BAGI MASYARAKAT (Sekitar Pondok Pesantren “Darussalam” Dukuhwaluh Kembaran Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
AZIZ PRISTIYANTO_BENTUK PENDIDIKAN AGAMA BAGI MASYARAKAT (Sekitar Pondok Pesantren “Darussalam” D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memiliki kualitas keimanan yang mantap serta mulai berkurangnya porsi jatah pengajaran ilmu agama di dalam sekolahan umum. Oleh sebab itu lembaga masyarakat seperti Pesantren berinovasi dalam menanamkan nilai keagamaan melalui berbagai kegiatan. Adanya pendidikan keagamaan bagi masyarakat yang dilakukan oleh Pesantren dapat menjadi jawaban atas permasalahan saat ini. Persoalan yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pendidikan agama bagi masyarakat yang dilakuakan oleh Pondok Pesantren “Darussalam” Dukuhwaluh Kembaran Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapanagan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian tersebut adalah peserta kegiatan pendidikan agama bagi masyarakat, pengasuh Pondok Pesantren dan ustadz/ustadzah pemateri kegiatan. Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah implementasi bentuk pendidikan agama bagi masyarakat yang di lakukan oleh Pondok Pesantren “Darussalam” Kembaran Banyumas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yaitu redeksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi pendidikan agama bagi masyarakat yang ada di Pesantren “Darussalam” meliputi: Pesantren kilat mitra MTs, Pelatihan Leadership mitra SMA dan Manasik Haji Al-Mabrur. Sedangkan dalam proses kegiatannya terdapat 3 bentuk pendidikan agama yang terintegrasi dalam pembelajaran yakni, pendidikan akhlak pada kegiatan Pesantren Kilat, pendidikan kepemimpinan Islam dalam kegiatan pelatihan Leadership dan pendidikan ‘abid dalam kegiatan Manasik Haji Al-Mabrur. Dan semua bentuk kegiatan tersebut disisipkan dalam masing-masing kegiatan melalui metode pembelajaran seperti ceramah (hiwar), qishah, amsal, keteladanan (uswah), pemberian nasehat, Pengawasan/perhatian, pembiasaan, dan praktek. Serta menggunakan beberapa pendekatan seperti: pendekatan nilai, yang mana semua metode itu di gunakan dan diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran bagi masyarakat di Pondok Pesantren “Darussalam” Dukuhwaluh Kembaran Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Masyarakat, Pondok Pesantren “Darussalam” Kembaran Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 06 Oct 2017 01:38
Last Modified: 06 Oct 2017 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item