PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 JATILAWANG

Laela Anggun Sofiani, NIM. 1323302004 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 JATILAWANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
LAELA ANGGUN SOFIANI_PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan model pembelajaran Cooperative Integread Reading and Composition(CIRC) dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang. Dalam penggunaan model pembelajaran Cooperative Integread Reading and Composition(CIRC), siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integread Reading and Composition(CIRC) dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas. Hal tersebut di latar belakangi oleh latar belakang pendidikan siswa, dan setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dari siswa yang mempunyai kemampuan bahasa Arab yang tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh guru bahasa Arab, kepala sekolah dan siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas. Sedangkan dalam teknis analisin data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data yang penulis kumpulkan, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunaan model pembelajaran Cooperative Integread Reading and Composition(CIRC) dilakukan pada materi qira’ah. Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang terdiri dari 6 siswa, kemudian siswa diberi tugas untuk didiskusikan, setelah selesai berdisusi masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Sedangkan dalam penilaian dilakukan secara kelompok dan individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Integread Reading and Composition (CIRC), pembelajaran bahasaArab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 06 Oct 2017 01:34
Last Modified: 06 Oct 2017 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item