PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD IT HARAPAN UMMAT (HARUM) PURBALINGGA

Siti Sifa, NIM. 102332046 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD IT HARAPAN UMMAT (HARUM) PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
SITI SIFA_PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD IT HARAPAN UMMAT (HARUM) PURBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Keberhasilan suatu bangsa tidak ditentukan oleh melimpah ruahnya sumber daya alam,akan tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Karakter bangsa merupakan aspek penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Kegagalan penanaman kepribadian yang baik akan membentuk pribadi yang baik pula. Pembentukan karakter dilaksanakan dengan mengacu pada 18 nilai-nilai karakter yang bersumber dari agama,budaya,dan falsafah bangsa. Nilai-nilai karakter tersebut dibentuk melalui pembelajaran bahasa arab,yang kemudian dapat diaplikasikan di lingkungan peserta didik berada. Penerapan strategi dalam pembelajaran berbasis pendidikan karakter di SDIT Harapan Ummat Purbalinggadilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran,ekstrakurikuler,budaya sekolah,dan kegiatan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pembelajaran bahasa arab di SDIT Harapan Ummat Purbalingga, memperoleh data dan informasi penelitian yang dilakukan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,dokumentasi,dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan cara mereduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus atau field research,dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan suatu proses fenomena di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data : observasi,wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman,yang terdiri dari : Reduksi Data ( Data Reduction ),penyajian data ( Data Display ), dan Verifikasi ( Conclusion Drawing ). Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter bisa d tumbuhkan melalui pembelajaran Bahasa Arab. Berdasarkan focus penelitian pembelajaran Bahasa Arab,peserta didik mampu mengaplikasikan karakter-karakter baik mereka dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa,dalam pembelajaran bahasa arab berbasis pendidikan karakter mengacu pada 18 nilai-nilai karakter di bentuk dengan strategi keteladanana dan memberikan umpan,penanaman kedisiplinan dan pembiasaan,kemudian menerapkan kedalam pembelajaran,ekstrakurikuler,budaya sekolah dan kegiatan di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:23
Last Modified: 05 Oct 2017 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item