IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN RUMPUN PAI DI MI NEGERI PURWOKERTO

AMINOH SONG, NIM: 1523301004 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN RUMPUN PAI DI MI NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (994kB) | Preview
[img] Text
AMINOH SONG_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI MI NEGERI PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Dalam pelaksanaannya, guru harus berpedoman pada kaidah-kaidah, prinsip-prinsip dah langkah-langkah pembelajarannya, adapun langkah-langkahnya mencakup kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Dengan menggunakan pendekatan saintifik, terbukti bahwa hasil ulangan siswa kelas V Utsman bin AffanMI Negeri Purwokerto semuanya diatas Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) untuk pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam di MI Negeri Purwokerto.Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam kelas V dan siswa kelas V Utsman bin Affan MI Negeri Purwokerto. Objek yang dikaji adalah pendekatan saintifik pada pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam yang ada di MI Negeri Purwokerto karena MI tersebut menggunakan kurikulum 2013 sehingga dalam setiap pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika menerapkan pendekatan saintifik dalam bembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam di MI Negeri Purwokerto siswa kelas V Utsman bin Affan sudah benar dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam dan sesuai dengan teori yang ada. Adapun langkah-langkah yang diterapkan adalah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:45
Last Modified: 05 Oct 2017 02:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item