Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pokok Bahasan “Body and Face” menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif NU 2 Langgongsari Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017

Faridatul Mukaromah, NIM: 1323310021 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pokok Bahasan “Body and Face” menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif NU 2 Langgongsari Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
FARIDATUL MUKAROMAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)

Abstract

Skripsi ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas IV MI Ma’arif NU 2 Langgongsari untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PTK ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian mengidentifikasi sebabnya adalah pembelajaran tidak berjalan lancar secara efektif. Sehingga hasil belajar siswa relatif rendah. Untuk melaksanakan PTK, peneliti memilih menggunakan metode Total Physical Response (TPR)pada pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Body and Face. Peneliti memilih menggunakan metode tersebut karena metode tersebut dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan menumbuhkan semangat belajar. Selanjutnya, PTK ini dilakukan melalui prosedur alur penelitian yang meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Prosedur tersebut dilakukan dalam 2 siklus. Dimana setelah 2 siklus dianggap cukup untuk menjawab masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaakan metode TPR pada pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Body and Facesangat membantu siswa dalam memahami materi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembelajaran masing-masing siklus. Dimana setiap sisklus menunjukan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata sebelum dilakukan PTK adalah 60, kemudian meningkat setelah dilakukan penelitian pada siklus I menjadi 62 dan pada siklus II menjadi 75. Demikian juga dengan tingkat ketuntasan siswa meningkat. Sebelum tindakan hanya 43%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 52% dan pada siklus II mencapai 81%. Dengan demikian metode TPR menjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pembelajaran bahasa Inggris. Tentunya pemilihan metode pembelajaran harus memperhatikan keefektifan dan kesesuaian dengan materi dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Total Physical Response, Bahasa Inggris, Body and Face
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:30
Last Modified: 05 Oct 2017 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item