GAYA BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI SDLB DI SLB C-C1 YAKUT PURWOKERTO

Clara Fransiska Dewi, NIM. 1323301178 (2017) GAYA BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI SDLB DI SLB C-C1 YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
CLARA FRANSISKA DEWI_GAYA BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)

Abstract

Belajar merupakan suatu keharusan bagi setiap insan manusia baik itu dikemas secara formal maupun non formal. Inti dari sebuah belajar adalah “pengalaman” dan dengan bekal pengalaman ini manusia-manusia pembelajar akan dapat berubah dari dimensi tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi paham, sehingga implikasinya akan tampak pada tiga tataran domain kognitf, afektif dan psikomotorik. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Begitu juga anak tunagrahita memiliki gaya belajarnya sendiri. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki intelektual dibawah rata-rata anak normal. Gaya belajar anak tunagrahita meliputi gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dan kecenderungannya pada anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas VI SDLB di SLB C-C1 Yakut Purwokerto. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan, reduksi, men-display, dan menarik kesimpulan. Peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan teknik trianggulasi untuk memperoleh keabsahan data. Setelah dilakukan penelitian, dieroleh hasil bahwa gaya belajar yang digunakan anak tunagrahita adalah menggunakan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Namun, meskipun peserta didik tunagrahita menggunakan kombinasi gaya belajar visual, auditori dan kinestetik kecenderungan gaya belajarnya berbeda-beda. Ada dua peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar kombinasi, lima peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar visual, tiga peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dan dua peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Anak Tunagrahita, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:37
Last Modified: 04 Oct 2017 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3059

Actions (login required)

View Item View Item